Keterampilan
Dasar Guru Dalam Proses Pembelajaran
Keterampilan adalah
kemampuan untuk menggunakan akal, fikiran, ide dan kreatifitas dalam
mengerjakan, mengubah ataupun membuat sesuatu menjadi lebih bermakna sehngga
menghasilkan sebuah nilai dari hasil pekerjaan tersebut.
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan
sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Untuk mewujudkan pembelajaran
yang efektif diperlukan berbagai keterampilan ,yaitu keterampilan mengajar.
Keterampilan mengajar guru adalah seperangkat kemampuan guru
dalam melatih atau membimbing aktivitas dan pengalaman seseorang serta
membantunya berkembang dan menyesuaikan diri kepada lingkungan.
Turney (Uzer
Usman, 2010:74) mengemukakan ada 8 keterampilan dasar mengajar guru yang sangat
berperan dan menentukan kualitas pembelajaran, yaitu:
1. Keterampilan Membuka dan Menutup
Pelajaran
Keterampilan
membuka ialah usaha atau kegiatan yang dilakukan guru untuk menciptakan suasana
siap mental dan menimbulkan perhatian siswa agar terpusat pada hal-hal yang
akan dipelajari.
Kegiatan
membuka pelajaran tidak hanya dilakukan guru pada awal waktu pelajaran, tetapi
juga pada awal setiap penggal kegiatan inti pelajaran yang diberikan selama
waktu pelajaran itu.
Komponen
keterampilan membuka pelajaran yaitu:
1)
mengemukakan tujuan yang akan dicapai,
2)
menarik perhatian siswa,
3)
memberikan acuan,
4)
membuat kaitan antara materi pelajaran yang telah
dikuasai siswa dan bahan yang akan dipelajari, dan
5)
menimbulkan motivasi.
Keterampilan menutup pelajaran
dimaksudkan untuk memberi gambaran menyeluruh tentang:
1)
apa yang telah dipelajari siswa,
2)
mengetahui tingkat pencapaian siswa, dan
3)
tingkat keberhasilan guru dalam proses pembelajaran.
Komponen keterampilan
menutup pelajaran yaitu:
a.
Meninjau kembali penguasaan inti pelajaran dengan
merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan.
b.
Mengevaluasi dengan cara sebagai berikut:
1)
mendemonstrasikan keterampilan,
2)
mengaplikasikan ide baru pada situasi lain,
3)
mengeksplorasi pendapat siswa sendiri,
4)
memberikan soal-soal tertulis.
2. Keterampilan Penguatan
Respon terhadap
suatu tingkah laku yang dapat meningkatkan kemungkinan berulangnya kembali
tingkah laku tersebut. Tindakan tersebut dimaksudkan untuk mengganjar atau
membesarkan hati siswa agar mereka lebih giat berpartisipasi dalam interaksi
pembelajaran.
Penguatan
mempunyai pengaruh berupa sikap positif terhadap proses belajar siswa dan
bertujuan untuk:
1)
meningkatkan perhatian siswa terhadap pelajaran,
2)
merangsang dan meningkatkan motivasi belajar siswa,
3)
meningkatkan kegiatan belajar dan membina tingkah laku
siswa yang produktif.
Jenis-jenis
penguatan ada dua, yaitu:
1)
Penguatan verbal
2)
Penguatan non-verbal
3. Keterampilan Variasi Mengajar
Variasi
merupakan suatu aktivitas guru dalam proses interaksi pembelajaran, ditujukan
untuk mengatasi kebosanan siswa, sehingga dalam proses interaksi pembelajaran,
siswa senantiasa menunjukkan ketekunan, antusiasme, serta partisipasi secara
penuh.
Tujuan dan
manfaat memberikan variasi dalam pembelajaran yaitu:
1)
menimbulkan dan meningkatkan perhatian siswa dalam
proses interaksi pembelajaran,
2)
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan
bakat ingin tahu dan menyelidiki tentang hal-hal baru,
3)
Memupuk tingkah laku positif terhadap guru dan sekolah
dengan berbagai cara mengajar yang lebih
hidup dan lingkungan belajar yang lebih baik,
4)
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh
cara menerima pelajaran yang disenanginya.
4.
Keterampilan
Menjelaskan
Keterampilan
menjelaskan adalah menyajikan informasi secara lisan yang
diorganisasikan secara sistematis dengan tujuan menunjukkan hubungan yang satu
dengan yang lainnya.
Tujuan
memberikan penjelasan, yaitu:
a.
Membimbing siswa untuk dapat memahami hukum, dalil,
fakta, definisi, dan prinsip secara objektif dan bernalar.
b.
Melibatkan siswa dalam berpikir dengan memecahkan masalah-masalah
atau pertanyaan.
c.
Mendapatkan balikan dari siswa mengenai tingkat
pemahamannya dan untuk mengatasi kesalahpahaman mereka.
d.
Membimbing siswa untuk menghayati, mendapat proses
penalaran, dan menggunakan bukti-bukti dalam memecahkan masalah.
5.
Keterampilan
Bertanya
Bertanya merupakan stimulus efektif yang
mendorong kemampuan berpikir.
Pertanyaan
yang tersusun secara baik dengan teknik pelontaran yang tepat akan memberikan
dampak positif bagi siswa, yaitu:
1.
meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan
pembelajaran;
2.
membangkitikan minat dan rasa ingin tahu siswa
terhadap suatu masalah yang sedang dihadapi atau dibicarakan;
3.
mengembangkan pola dan cara belajar aktif siswa, sebab
berpkir itu sendiri sesungguh nya adalah bertanya;
4.
menuntun proses berpikir siswa, sebab pertanyaan yang
baik akan membantu siswa agar dapat menentukan jawaban yang benar;
5.
memusatkan perhatian siswa terhadap masalah yang
sedang dibahas.
Keterampilan
dan kelancaran bertanya dari calon guru maupun guru perlu dilatih dan ditingkatkan,
baik isi pertanyaannya maupun teknik bertanya.
v Dasar-dasar
pertanyaan yang baik adalah:
1.
Jelas dan mudah dimengerti oleh siswa
2.
Berikan informasi yang cukup untuk menjawab pertanyaan
3.
Difokuskan pada suatu masalah atau tugas tertentu
4.
Berikan waktu yang cukup kepada siswa untuk berfikir
sebelum menjawab pertanyaan
5.
Bagikanlah semua pertanyaan kepada seluruh murid
secara merata
6.
Berikan respon yang ramah dan menyenangkan sehingga
timbul keberanian siswa untuk menjawab atau bertanya
7.
Tuntunlah jawaban siswa sehingga mereka dapat
menemukan sendiri jawaban yang benar
Hal-hal yang
perlu diperhatikan dalam keterampilan bertanya, yaitu:
1). Kehangatan dan keantusiasan
2). Kebiasaan yang perlu dihindari, seperti:
·
Menjawab pertanyaan sendiri
·
Mengulang jawaban siswa
·
Mengulang pertanyaan sendiri
·
Mengajukan pertanyaan dengan jawaban serentak
·
Menentukan siswa yang harus menjawab sebelum bertanya
·
Mengajukan pertanyaan ganda
6.
Keterampilan
Membimbing Diskusi
Diskusi
kelompok merupakan strategi yang memungkinkan siswa menguasai suatu konsep atau
memecahkan suatu masalah melalui satu proses yang memberikan kesempatan untuk
berpikir, berinteraksi sosial, serta berlatih bersikap positif.
Komponen-komponen
keterampilan membimbing diskusi:
1)
Memusatkan perhatian siswa pada tujuan dan topik
diskusi
2)
Memperluas masalah atau urutan pendapat
3)
Menganalisis pandangan siswa
4)
Menyebarkan kesempatan berpartisipasi
5)
Menutup diskusi.
7.
Keterampilan
Mengelola Kelas
Pengelolaan
kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar
yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar
mengajar.
Komponen-komponen
keterampilan mengelola kelas, yaitu:
1)
Keterampilan yang berhubungan dengan pencitaan dan
pemeliharaan kondisi belajar yang optimal
2)
Keterampilan yang berhubungan dengan pengembalian
kondisi belajar yang optimal
Dalam usaha
mengelola kelas secara efektif ada sejumlah kekeliruan yang harus dihindari
oleh guru, yaitu:
1)
Campur tangan yang berlabihan
2)
Kesenyapan
3)
Ketidaktepatan memulai dan mengakhiri kegiatan
4)
Penyimpangan
5)
Bertele-tele
8.
Keterampilan
Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan
Diskusi kelopok kecil adalah suatu pro-ses yang
teratur dengan melibatkan sekelompok siswa dalam tatap muka interaksi
kooperatif yang optimal dengan tujuan berbagai informasi atau pengalaman,
mengambil keputusan atau memecahkan suatu masalah.
Komponen-komponen keterampilan yang digunakan, yaitu:
1) Keterampilan
mengadakan pendekatan secara pribadi
2) Keterampilan
mengorganisasi
3) Keterampilan
membimbing dan memudahkan belajar
4)
Keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan
belajar mengajar.
Kesimpulan
Keterampilan dasar mengajar merupakan
kemampuan yang perlu dimiliki oleh guru dari semua bidang studi. Jika
dipertimbangkan bahwa bidang-bidang studi yang bermacam-macam mempunyai
ciri-ciri pengajaran yang khas. Selain itu, yang paling penting bagi guru
adalah bagaimana cara guru dapat menggunakan agar proses pembelajaran dapat
berjalan baik. Salah satu faktor yang dapat mengukur proses pembelajaran dapat
berjalan dengan baik yaitu makin banyaknya jumlah siswa bertanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar